SUMMER IN HOKKAIDO: INDAHNYA MUSIM PANAS DI UTARA JEPANG


Summer in Hokkaido: Indahnya Musim Panas di Utara Jepang - Saya punya cita-cita untuk ke Jepang dan mencoba semua musim disana di prefecture yang berbeda-beda. Kalau ditanya daerah mana yang mau dikunjungi ketika musim panas di Jepang, jawabannya adalah HOKKAIDO, Hokkaido adalah daerah paling utara dari Negara Jepang, dan dua musim yang paling populer bagi wisatawan untuk datang liburan ke Hokkaido selain musim dingin (winter) tentunya musim panas (summer). Kenapa? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Kota paling besar di Hokkaido adalah Sapporo, dan karena letak geografisnya di Utara, suhu musim panas disana pun tidak akan sepanas daerah di garis khatulistiwa seperti Indonesia. Maka dari itu banyak taman bunga yang berjejer indah di daerah Hokkaido, seperti contohnya Furano Lavender Farm atau Hokuryu Sun Flower Farm menjadi tempat wisata yang sangat populer setiap musim panas baik bagi wisatawan domestik maupun internasional, puluhan hektar luasnya yang kalau dilihat dari jauh bak karpet warna-warni, bahkan kamu bisa ngerasain es krim rasa Lavender, hmmm penasaran banget kan seperti apa rasanya?

Pilihan tempat-tempat menarik di Hokkaido

Furano Lavender Farm

Es Krim rasa Lavender :)

Hokuryu Sun Flower Farm

Unkai Terrace - The Sea of Coulds

Negeri diatas awan a la Hokkaido juga menjadi magnet bagi para wisatawan yang datang kesini, Unkai Terrace (sea of clouds) atau lautan awan, belum kebayang rasanya kalau bisa lihat pemandangan hamparan awan di bawah kaki kita, mungkin serasa sedang ada di puncak dunia kali ya? Apalagi kalau ada angin berhembus, sudah pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan karena sudah mampir ke Unkai Terrace. Instagramable sekali :)

Ada lagi Otaru Canal, bergaya seperti bagunan kanal-kanal di eropa, yang cantik sekali dengan lampu-lampu di kala malam, banyak café-café sekitar kanal yang bisa kita coba sambil menikmati suasana yang rasanya bukan Jepang biasa. Tidak heran karena memang dahulu kala Otaru adalah jalur masuk untuk perdagangan international, sehingga pengaruh arsitektur di Otaru sedikit menyiratkan khasanah bangsa Eropa. Kita juga bisa ikut tur naik perahu menyusuri kanal, seru kan?

Menikmati keseruan di kota Sapporo rasanya kurang kalau tidak mampir ke kebun binatang Asahiyama Zoo, kebun binatang tebaik dan terbesar seantero Jepang, dimana kamu bisa melihat parade Penguin, kalau kebetulan kamu mengunjungi Asahiyama ketika akhir pekan. Kesempatan yang gak boleh terlewatkan bukan, melihat langsung parade Penguin, membayangkannya saja sudah senang J

Otaru Canal

Masih, Otaru Canal

Parade Penguin di Kebun Binatang Asahiyama

Asahikawa Ramen Village

Morioka Reimen

Nanatsuboshi

Genghis Khan BBQ

Lake Toya Summer Fireworks Festival

Shiraoi Ainu Museum & Village

Setelah keliling kebun binatang bisa sekalian mampir ke Asahikawa Ramen Village, apa? Desa Ramen? Tentunya kamu bakal puas makan ramen disini. Bagaimana tidak, selain sushi, makanan khas yang terkenal dari Jepang adalah Ramen, apalagi ada desa khususnya, kamu mesti coba! Saya sih ingin sekali coba ramen Asahikawa, dengan kuah yang kental dan pedas dengan berbagai isian seafood, atau khusus musim panas ada versi ramen dingin disebut Morieka Reimen, yang isinya mie soba, potongan telur, mentimun, daging sapi, taburan wijen, kuah, lengkap dengan semangka, menarik ya? Tapi banyak juga Reimen jenis lain dengan macam-macam topping, percaya atau tidak jika baca dari beberapa tulisan banyak yang suka dengan Reimen ini, bahkan yang baru pertama kali mencobanya.

Hokkaido pun terkenal dengan julukan Kingdom of Seafood, segala macam penganan yang berbahan dasar seafood seperti Nanatsuboshi, nasi campur khas Hokkaido dengan berbagai macam campuran seafood. Selain itu gaya masak dengan dipanggang juga ada, Japanese Barbeque atau terkenal juga dengan Genghis Khan, dengan bahan-bahan seperti daging dan sayuran yang dipanggang dan dimakan dengan Shoyu (kecap khas Jepang)

Pesona alam Hokkaido juga termasuk danau dan gunung berapi, di musim panas kamu juga bisa berendam di Onsen, salah satunya di Lake Toya, berendam sambil menikmati pemandangan danau dan gunung sepertinya memang hal yang wajib dilakukan kalau sedang berada di Jepang, ya dan ini salah satu bucketlist saya yang belum kesampaian.

Musim panas juga terdapat banyak festival, salah satunya Lake Toya Summer Fireworks atau festival kembang api danau Toya sudah menjadi budaya tahunan setiap musim panas, yang diadakan setiap malam dari bulan Mei hingga Oktober, luar biasa ya. Menariknya karena memang orang Jepang suka sekali dengan kembang api di musim panas, sehingga festival kembang api ini pun diadakan diberbagai tempat di Jepang. Festival kembang api di Hokkido juga kamu bisa temukan di Noboribetsu Jigokudani atau yang dikenal pula dengan sebutan Hell Valey Demon Fireworks. Rasanya masih banyakkkk sekali tempat menarik di Hokkaido yang bisa jadi pilihan kamu seperti North Fox Farm, Nijo Ichiba Market, Showa Shinzan Bear Park atau belajar sejarah di Shiraoi Ainu Museum, iya suku Ainu, suku tertua di Jepang.


Post a Comment

5 Comments

  1. saya juga share weather di Beijing, dimana saya tinggal, mungkin kalau mau jadi referensi untuk kota di Beijing, boleh mampir ke www.morning-dew.weebly.com/blog thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Embunpagi terima kasih infonya ;), sure I'll check it

      Delete
  2. Aku penggemar Ramen, tau ada desa Ramen di Hokkaido jadi pengen ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan ingin banget ke Hokkaido karena ada Desa Ramen, gak bisa sekali visit kayanya hahaha semoga bisa jalan2 ke Hokkaido ya aamiin

      Delete

FOLLOW ME : INSTAGRAM | BLOGLOVIN | PINTEREST | FACEBOOK | TWITTER