BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN
Source: Shutterstock / by Huang Zheng

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN - Apa sih yang kalian bayangkan ketika mendengar kata Hainan? Kebanyakan dari kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Nasi Ayam Hainan, bahkan mungkin sering kamu pesan ketika berada di Chinese restaurant, rasa nasi yang gurih dengan ayam yang lembut, jadi menu andalan ketika sedang ngidam makanan oriental. Tapi kalian tau tidak sih sebenarnya dimana letak provinsi Hainan? Dan apa aja yang bisa kamu lakukan ketika kamu liburan ke Hainan?

                Provinsi Hainan adalah provinsi paling selatan dan satu-satunya pulau tropis yang dimiliki negeri tirai bambu, Tiongkok, bahkan CNN menyebut provinsi Hainan sebagai Hawaii-nya Tiongkok dan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan infrastruktur, bisa dibilang Hainan ini juga tidak kalah dengan area-area besar Tiongkok lainnya seperti Beijing dan Shanghai. Karena satu-satunya pulau tropis yang dicanangkan untuk menarik wisatawan domestik maupun international, maka provinsi Hainan ini sudah mulai mempersiapkan diri sebagai destinasi international, dimana banyak tempat wisata dan akomodasi kelas dunia yang dipersembahkan untuk para wisatawan seluruh dunia. Kamu bisa menjelajahi berbagai destinasi di provinsi Hainan, mulai dari Haikou, Sanya, Central Hainan, West Coast, & East Coast.

                Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Hainan, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata mewah di resor-resor bintang 5 dengan pantai yang indah di Sanya atau menjelajahi sejarah kebesaran Hainan dengan bangunan-bagunan klasik di Haikou. Haikou adalah ibu kota provinsi Hainan, percampuran klasik dan modern bisa kalian temukan disini, layaknya kota wisata kalian akan menemukan berbagai keindahan khas Haikou, seperti kedai kopi klasik, kuil-kuil bersejarah, bahkan membeli oleh-oleh khas Hainan seperti tembikar, batu-batuan, giok, mempelajari budaya lokal dan menikmati kuliner khas Hainan di Haikou Qiongzhou Culture & Customs Street.
  • 1.       WISATA ALAM
Pantai-pantai indah, taman nasional hingga Volcano Geopark di Haikou, sekitar 20 KM dari pusat kota Haikou, terdapat 40 situs gunung api dan 30 gua, tapi tidak perlu khawatir karena area ini bukanlah gunung api aktif. Kalian dapat juga mendaki dan melihat keindahan pedesaan dari atas kawah gunung, kegiatan menarik yang dapat dilakukan juga bersama keluarga.

Tianya Haijiao atau yang sering disebut The End of the World and the Corner of the Sea adalah salah satu landmark yang terletak 23 KM sebelah barat daya Sanya, terdapat batu besar yang ditandai dengan “Ujung Bumi” dan “Sudut Lautan” dalam huruf mandarin, kaligrafi Guo Mouro, seorang penulis terkenal di Tiongkok.

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN

  • 2.       WISATA SEJARAH
Di masa lampau Hainan adalah tempat pengasingan pejabat-pejabat di masa kekaisaran. Tidak jauh di Haikou, salah satunya adalah Five Official’s Memorial, komplek bangunan abad ke -16 yang didedikasikan untuk 5 pejabat pada masa Dinasti Tang (618-907) dan Dinasti Song (960-1279). Bangunan ini diklain sebagai salah satu bagunan pertama di Hainan, termasuk di dalamnya adalah ruang kelas dan kuil.

  • 3.       WISATA BUDAYA

Berkunjung ke desa-desa wisata tempat tinggal suku-suku minoritas yang ada di Hainan, kalian bisa belajar sejarah, budaya, serta keseharian mereka. Jangan lupa juga membeli kerajinan tangan khas mereka seperti kain-kain traditional, sulaman, keramik, kerajinan perak, anyaman rotan, dan brokat yang mereka buat dengan tangan. Salah satu kekayaan budaya Hainan yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai The World Intangible Culture Heritage.

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN

  • 4.       WISATA KULINER
Karena Hainan adalah pulau tropis yang dikelilingi pantai sudah dapat dipastikan bahwa kita akan dengan mudahnya menemukan seafood yang dimasak dengan cita rasa Hainan, namun ada juga yang unik seperti Coconut Chicken Soup, Salt Baked Chicken, bahkan sajian penutup yang menyegarkan seperti Qingbuliang dengan santan yang gurih atau Cotton Ice untuk penyegar ketika cuaca panas.


BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN

  • 5.       WISATA KELUARGA
Pantai sudah, taman nasional sudah, lalu kemana lagi? Ajak keluarga berwisata ke taman bermain seperti Sanya Water Park, Kebun Binatang atau bersepeda bersama sepanjang 6 KM menyusuri Holiday Beach di Haikou.

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN

  • 6.       WISATA OLAHRAGA
Semua wilayah di Hainan terdapat lapangan Golf kelas dunia, tapi ada aktivitas lain juga seperti arum jeram di Grand Canyon White Water Rafting di Wuzhishan City atau belajar berselancar di Riyue Bay di Wanning.

  • 7.       WISATA BELANJA

Mulai dari belanja barang-barang mewah di Haikou Mova Plaza, atau belanja ke pasar lokal di Haikou Dongmen Market. Belanja oleh-oleh pun juga, mulai dari kayu-kayu wangi, batu-batu, kopi, teh, kain traditional hingga mutiara. Hainan juga punya Batik khas, yaitu Batik Miao yang bisa kalian temukan di Bettel Nut Valley, tempat tinggal suku Miao.

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN

  • 8.       WISATA RELIGI
Tidak lengkap rasanya jika kita tidak berkunjung ke kuil, seperti Kuil Wugong di Haikou yang dibangun pada masa Dinasti Ming atau Nanshan Temple Park, kuil Buddha dengan rupang Dewi Guanyin setinggi 108 meter. Dibangun pada tahun 1998 untuk memperingati 2000 tahun agama Buddha di Tiongkok, Nanshan Temple adalah kuil Buddha terbesar sejak terbetuknya Republik Rakyat China.

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN


  • 9.       WISATA MEWAH

Bersantai di resor-resor bintang 5 bisa kalian lakukan di Sanya, pantai pasir putih dengan garis pantai yang panjang menjadi destinasi liburan mewah dengan hotel dan resort yang menawarkan fasilitas kelas dunia.

BERANI EXPLORE HAINAN – 10 HAL YANG WAJIB KAMU COBA DI HAINAN

  • 10.   WISATA FESTIVAL
Banyak festival yang diselenggarakan tergantung tanggal dan tempatnya, ada beberapa yang menarik seperti festival bunga, Water Splashing Festival dan Dragon Boat Festival, dan Nanshan Longevity Festival yang dilaksanakan di Nanshan Temple Park di Sanya untuk merayakan umur yang panjang bagi para penduduk-penduduk tertua di Hainan.

Secara garis besar, kalian bisa menikmati sajian bermacam-macam wisata yang provinsi Hainan tawarkan, setiap daerah di provinsi Hainan menawarkan tempat wisata yang unik dan menarik yang bisa memanjakan pengunjung untuk kembali ke Hainan jika sekali saja tidak cukup. Tidak hanya Sanya saja dengan resor-resor mewahnya atau Haikou dengan sejarah kebesaran Hainan masa lampau yang masih tersirat dari bangunan-bangunan tua di pusat kota, namun juga kalian bisa menjelajah lebih dalam lagi untuk merasakan sisi Hainan yang lain, seperti berkunjung ke desa-desa dan bertemu dengan etnis lokal, belajar tentang kekayaan budaya dan tidak lupa mencicipi makanan khasnya.

Sumber & Gambar: His Travel, Explorehainan.com, cnn.com, GBTravel, Discover.china.org.cn

Post a Comment

0 Comments