SIKI IM SPRING/SUMMER 2013


SIKI IM SPRING/SUMMER 2013With a simple structure, colors, and all the things you can see, this collection need a short time to tainting our mind, well easy to absorb and memorable. As you know that black and white showed up often this season, such as several of striped, monochrome blocking, and printed graphics. Although the first time I saw it, kind of remind me to other great collections from Givenchy, Dior Homme, Rick Owens, Damir Doma, or even Yohji Yamamoto, but SIKI is SIKI, I love the previous season and this spring more.


Long wide skirt (as you might ever see on Sufi dancer), tunic and voluminous pants, definitely is a spiritual approach that SIKI trying to deliver in this collection. Titled Ghost Ranch, well after show might be you want your own “Ghost Ranch”, because all the male models were shirtless. But that’s could be a reason of the whole concept, something about softness, minimalism, simplicity, freedom and drama free.


Sisi lain dari apa yang orang-orang sebut dengan fashion. Mungkin ini yang disebut sebagai idealisme, artinya tidak semua orang akan dapat menerima dan menikmatinya, seperti Haute Couture namun ini bukan tentang kerumitan, teknologi material, atau bahkan glamor. Men Skirt panjang ala kaum sufi yang jujur saja sepertinya tidak susah membuatnya, namun ini bukan soal susah atau mudah, melainkan ini adalah alternatif dari fashion dan tren yang ditawarkan oleh label-label besar.

Dengan struktur sederhana dan tampilan warna yang hanya hitam putih saja (dan sedikit abu-abu), koleksi ini hanya butuh waktu sebentar untuk diserap sehingga mudah diingat. Warna hitam putih memang banyak muncul lagi di Musim Semi ini, dari berbagai motif garis-garis, bloking monokrom  hingga cetakan grafis. Walau sebenarnya cukup banyak koleksi yang berasa serupa, sebut saja Givenchy, Dior Homme, Rick Owens, Damir Doma, Yohji Yamamoto, namun koleksi ini memberi pilihan yang sederhana yang tidak diperumit oleh aksen-aksen yang sulit dimengerti.

Penentuan material dan proporsi pas bagi kaum adam. Bagaimana ‘pergerakan’ bahan dari koleksi yang dikenakan model diatas runway tidak berkesan terlalu dramatis seperti kebanyakan koleksi womenswear, tapi lebih ke harmoni tenang yang misterius. Seperti para ahli spiritual dengan tunik atau jubah, coba representasikan itu ke cara yang lebih muda, lebih bebas dan tidak menakut-nakuti.



Post a Comment

0 Comments